Home Uncategorized Baik bagi Kesehatan Tubuh, Inilah 3 Khasiat dari Tanaman Kelor yang Wajib Diketahui

Baik bagi Kesehatan Tubuh, Inilah 3 Khasiat dari Tanaman Kelor yang Wajib Diketahui

0

Merdeka.com – Daun kelor merupakan tanaman tropis yang telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu. Tumbuhan ini sangat mudah dikenali karena ukurannya daunnya yang relatif kecil. Selain itu, daun kelor juga dapat dijumpai di manapun karena tanaman ini sangat gampang bertumbuh pada tanah yang tak terlalu subur sekalipun.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini, diketahui memiliki segudang khasiat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, daun kelor banyak sekali digunakan pada obat-obatan herbal, jamu, hingga suplemen kesehatan. Bagi kamu yang masih belum mengetahui manfaat baik apa saja yang bisa didapatkan dari daun kelor, maka berikut penjelasannya.

1. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

baik bagi kesehatan tubuh inilah 3 khasiat dari tanaman kelor yang wajib diketahui

┬ęShutterstock

Daun kelor sejatinya memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Pada daun kelor, terdapat senyawa beta-karoten dan vitamin C. Terlebih, tumbuhan ini juga diperkaya akan zat quercetin sebagai antioksidan yang kuat.

Perlu diketahui bahwa radikal bebas yang tinggi bisa menyebabkan tubuh mengalami stress oksidatif, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Namun, dengan berbagai kebaikan yang terdapat di daun kelor tersebut, kedua risiko penyakit ini bisa diturunkan dan dicegah kemunculannya. Selain baik untuk menangkal radikal bebas, tumbuhan ini nyatanya bisa dimanfaatkan pula sebagai pengawet makanan.

2. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

baik bagi kesehatan tubuh inilah 3 khasiat dari tanaman kelor yang wajib diketahui

┬ęShutterstock

Tingginya kadar gula dalam darah tentu menjadi peringatan bagi siapapun yang mengalaminya. Sebab, hal ini merupakan salah satu tanda awal terjadinya penyakit diabetes, yang tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, siapa yang menyangka bahwa tanaman tropis ini bisa membantu menurunkan tingkat gula darah.

Selain itu, daun kelor juga mampu meningkatkan efektivitas kinerja hormon insulin. Sehingga manfaat ini bisa berguna untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes yang mungkin terjadi. Meski begitu, khasiat daun kelor untuk pengobatan penyakit diabetes ini masih perlu diteliti lagi secara mendalam agar lebih maksimal pemanfaatannya.

3. Mampu Mengurangi Peradangan

baik bagi kesehatan tubuh inilah 3 khasiat dari tanaman kelor yang wajib diketahui

┬ęShutterstock

Peradangan atau inflamasi merupakan reaksi kekebalan alami yang tubuh miliki untuk melawan mikroorganisme jahat dan berbagai penyakit yang menyerang. Peradangan bisa terjadi bila seseorang mengalami infeksi atau luka di area tubuh. Namun, bila kondisi seperti ini terus berlangsung dalam waktu yang lama, maka kamu harus berhati-hati. Mungkin saja hal tersebut bisa menjadi indikasi terjadinya masalah kesehatan yang serius dalam tubuh, misalnya penyakit jantung dan kanker.

Meskipun begitu, berbagai risiko ini bisa dikurangi dengan memanfaatkan kebaikan dari daun kelor, lho. Daun ini sendiri memiliki senyawa flavonoid, saponin dan polifenol yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Sehingga, adanya berbagai zat tersebut dipercaya akan mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat baik yang dimiliki oleh daun kelor. Hingga saat ini, terdapat banyak sekali produk kesehatan yang menggunakan daun kelor sebagai bahan pembuatannya. Nah, tentu hal tersebut bisa kamu manfaatkan agar dapat membuat tubuh semakin sehat dan terbebas dari risiko penyakit mematikan.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here