Jokowi Bareng Para Pemimpin G20 Pegang Cangkul dan Tanam Mangrove di Bali

0
62

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara G20 dan pimpinan organisasi internasional meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Bali. Jokowi dan para pemimpin dunia menanam mangrove.

Berdasarkan tayangan video di Media Center KTT G20, Rabu (16/11/2022), Jokowi dan mayoritas pemimpin dunia menggunakan pakaian berwarna putih. Beberapa di antaranya memakai topi G20.

Jokowi berjalan bersama para pemimpin dunia sambil memberikan penjelasan. Selain itu, ada juga seorang pemandu yang bertugas menjelaskan tentang Tahura.

Jokowi dan para pemimpin dunia kemudian berjajar sambil memegang cangkul. Mereka menanam mangrove di Tahura. Setelah selesai, para pemimpin dunia itu mengangkat cangkul dan melihat ke arah kamera.

Selanjutnya mereka berjalan ke titik Tahura yang lain. Jokowi bahkan sempat terlihat jongkok untuk memperlihatkan tanaman ke para delegasi.

Momen kunjungan juga menjadi kesempatan untuk berbincang di antara para pemimpin dunia. Beberapa di antara mereka terlihat berbincang sambil berjalan di sekitar Tahura.

Para pemimpin yang hadir di antaranya Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Presiden European Council Charles Michel, Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen.

Hadir juga Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann, Kanselir Jerman Olaf Scholz, PM India Narendra Modi, PM Italia Giorgia Meloni hingga Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Sementara itu, Presiden China Xi Jinping tak terlihat hadir. Begitu pula PM Kanada dan PM Inggris Rishi Sunak.

Beberapa delegasi juga sudah pulang meninggalkan Bali. Mereka yaitu Menlu Rusia Sergei Lavrov, Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan, PM Kamboja Hun sen dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

(knv/imk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here