Protes PPKM Darurat, Ratusan Pedagang Geruduk Kantor Wali Kota Banjar

Rakyatsimpatiindonesia.com. Kota Banjar :  Ratusan massa menggeruduk kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar Propinsi Jawa Barat, Jumat (16/07/2021) siang.

Massa yang berasal dari aliansi muslim Kota Banjar (Almuktabar) dan keluarga besar pedagang pasar Banjar (KBPPB) protes kebijakan PPKM Darurat yang dianggap merugikan masyarakat.

Seakan kontras dengan aturan PPKM Darurat yang digariskan oleh pemerintah, aksi massa ini menimbulkan kerumunan. Mereka merangsek masuk ke halaman kantor Wali Kota Banjar dan menggelar orasi di depan pintu utama kantor yang berada di Jalan Siliwangi Kota Banjar tersebut.

Dalam orasinya mereka menuntut agar kebijakaan PPKM Darurat dihentikan. Para pedagang ingin dibebaskan kembali berjualan, tanpa ada larangan berdagang komoditas esensial atau bukan.

Selain itu sebagian massa juga menuntut agar pemerintah tidak melakukan penutupan tempat ibadah.

Aksi yang mendapat pengawalan dari aparat Polres Banjar ini akhirnya memberikan kesempatan kepada 5 orang perwakilan massa untuk melakukan audiensi dengan jajaran Pemkot Banjar.

Namun sekitar pukul 15.00 WIB, suasana mulai ricuh. Sebagian peserta aksi ada yang melempari blokade petugas. Suasana memanas karena Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih tak kunjung menemui mereka. Beruntung aksi melempar petugas itu tak berlangsung lama, karena berhasil diredam oleh koordinator aksi.

Selain itu kericuhan juga terjadi akibat kesalahpahaman antar peserta aksi, sempat terjadi aksi baku hantam meski akhirnya bisa dilerai. Polisi juga sempat mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai provokator kericuhan.

Massa kemudian bergeser ke Pendopo di dekat alun-alun Kota Banjar. Hal itu dilakukan karena mereka “keukeuh” ingin bertemu dengan wali Kota.

Di pendopo pendemo tak bisa masuk, karena gerbang ditutup rapat. Mereka tetap melanjutkan orasi dengan pengeras suara. Hingga menjelang pukul 16.00 WIB, aksi massa masih berlangsung.

Sementara itu angka kasus COVID-19 di Kota Banjar terus mengalami kenaikan. Pada hari Jumat (16/7/2021) ini terjadi penambahan warga yang positif COVID-19 sebanyak 67 orang. Sehingga kasus positif COVID-19 di Banjar sebanyak 635 orang. (R/D )