BKPSDM Siapkan 215 SK Tenaga Honorer Untuk Dilaporkan Kepada Bupati Keptan

Saumlaki, RSI | Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Tanimbar (Keptan) Propinsi Maluku sedang memproses  215 SK tenaga honor  P3K tersisa, yang telah dinyatakan lolos pada tahun 2018 lalu, untuk selanjutnya disetujui oleh Bupati, Petrus Fatlolon, SH., MH.  Pernyataan ini disampaikan Kepala BKPSDM Keptan, Johanis Batseran ketika ditemui media ini di ruang kerjanya, “Rabu, (21/07/2021).

Paling terlambat bulan Agustus 2021 mendatang, kata Batserin, instansi yang dipimpinnya akan menyerahkan draf SK bagi 215 tenaga honorer tersebut untuk ditandatangani orang nomor satu (1) di Negeri berjuluk Duan Lolat ini.

Ini kewenangan atributif  Bupati dan juga komitmen pemerintah daerah yang mesti diaktakan. Sebagai instansi teknis, BKPSDM wajib menyiapkan draf SKnya. Hal ini juga sebagai tindaklanjut BKPSDM atas keputusan rapat di pendopo Bupati Keptan beberapa bulan lalu, dimana 215 tenaga honor P3K menanyakan kepastian soal SK mereka dalam rapat bersama Bupati dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yaitu, Sekda, Kepala Bapeda, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Asisten 3, dan lainnya.

Sebenarnya kata Batseran , rekrutmen terhadap sekitar 470an tenaga honor daerah ini di tahun 2018 lalu, bukan  keinginan Pemda, tetapi berdasarkan kebutuhan sesuai usulan dari setiap SKPD. Hal ini sudah saya tegaskan baik dalam rapat dengar pendapat (hearing) dengan komisi A DPRD Keptan dan kepada mereka yang bertanya soal rekrutmen honorer P3K daerah, terangnya.

Setelah pengumuman hasil tes tahun 2018 lalu, Pemda Keptan berkomitmen untuk menerbitkan SK tahun 2019 silam. Namun bencana non alam, pandemi covid-19 yang melanda dunia, didalamnya Indonesia termasuk Tanimbar serta kebijakan refokusing anggaran oleh Pempus. Hal ini berimplikasi pada kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas.

Karena itu, rekrutmen dilakukan dua  (2) tahap. Tahap pertama sudah di SK kan sekitar 270-an tenaga honor P3K pertanggal 1 April 2021. Dan tahap kedua, sesuai komitmen Bupati mewakili Pemda KKT, ke-215 tenaga Honorer akan di SK kan pertanggal 1 September 2021 mendatang. Dan mereka sudah bisa langsung bekerja pada bulan September itu juga, “tegas Batseran

Kepada ke-215 orang tenaga Honor P3K daerah yang akan menerima SK tanggal 1 September 2021, baik yang tinggal di kota Saumlaki ataupun di Kecamatan dan di desa-desa, dia berharap agar tidak terprovokasi isu-isu miring yang disebarkan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Jika dengar informasi tidak benar silahkan konsultasikan dengan perangkat pemerintah daerah baik di Kecamatan atau hubungi BKPSDM sebagai instansi teknis, harap Batseran.

Pewarta : Agus Masela

Editor : Agus Masela