Bupati Kepulauan Tanimbar Lantik 9 Eselon III A

Saumlaki, RSI | Bupati Kepulauan Tanimbar (Keptan), Petrus Fatlolon, SH, MH melakakuan pengambilan sumpah dan jabat atas sembilan (9) orang pejabat eselon tiga (3) A di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar Propinsi Maluku.

Acara pelantikan tersebut digelar di lantai dua (2) Kantor Bupati Keptan, Kamis 15/07/2021 dan turut dihadiri oleh Pastor, Pendeta dan Wakil Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai perwakilan Agama Islam, Katolik, Protestan, Camat yang diganti, para pimpinan SKPD, staf ahli Bupati dan para asisten.

Kesembilan orang yang dilantik dan jabatannya sebagai berikut :

  1. Reinhard Sainuka, S. Sos dilantik untuk jabatan Camat Fordata.
  2. Abraham Fenty Melatawun, S.Sos, Camat Molo Maru
  3. Leborius Samangun, S.Sos Camat Wertamrian
  4. Daniel Esau Sabono, S.Sos sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja
  5. Edward Frans Nanlohy Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Tansmigrasi.
  6. Jusuf Refiali, S.Hut Sekretaris Dinas Pertanian.
  7. Zakarias Emanratu Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan.
  8. Eduardus Utukaman, S.Sos Inspektur Pembantu Wilayah I
  9. Frederick Jonas Lethulur, SE Inspektur Pembantu Wilayah II pada Inspektorat Keptan.

Dalam sambutannya, Fatlolon menyatakan pergeseran antara pejabat eselon III A yang dilakukan melalui pelantikan ini, merupakan hal yang lumrah terjadi. Pergantian, tidak saja berlangsung pada dinas dan instansi pemerintah, tetapi juga di tubuh TNI-POLRI, dinas serta instansi-instansi vertikal, BUMN dan BUMD lainnya.

Dengan pelantikan ini, dirinya meminta kepada kesembilan orang yang baru diambil sumpah jabatannya agar bersama-sama untuk menyatukan persepsi guna melaksanakan berbagai program dan kegiatan demi mewujudkan Tanimbar Cerdas, Sehat, Berwibawa dan Mandiri sesuai visi misi Kepulauan Tanimbar periode 2017-2022.

Oleh karena itu dia berharap agar mereka yang dilantik supaya dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang baru dengan penuh rasa tanggungjawab, terang Bupati.

Secara khusus kepada para Camat yang baru saja dilantik, dia berpesan agar melanjutkan berbagai karya pembangunan yang telah dilakukan oleh para mantan Camat sebelumnya. Lakukan konsolidasi yang baik dengan staf di Kecamatan agar program-program kerja pelayanan kepada masyarakat bisa terus berjalan dengan baik dan prima.

Pada kesempatan itu, Fatlolon atas nama pemerintah daerah turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mantan Camat yang selama ini telah mengabdi di Tanut, Fordata, Molo Maru dan Wertamrian dengan baik. Karya dan kerja para mantan Camat sudah sangat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat selama kurun waktu beberapa tahun lamanya.

Pengabdian dan jasa yang telah diabdikan dan diberikan dalam rangka mewujudkan berbagai tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan telah dirasakan manfaatnya oleh rakyat, ungkapnya.

Terutama kepada para Camat yang baru dilantik dalam jabatan pada kesempatan tersebut, Fatlolon berharap dan memohon agar dapat bekerja sama dengan pimpinan dan Kepala Dinas Badan masing-masing guna mewujudkan berbagai program dan kegiatan yang sementara menanti di depan.

Meskipun kita sedang dalam bencana non alam pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Indonesia dan Maluku, termasuk di Keptan ini. Kebutuhan pelayanan, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan bagi masyarakat tidak akan pernah berhenti, meskipun sedang dilanda ancaman bahaya penyebaran Covid-19, tandasnya.

Liputan : Agus Masela